Pulau Bangkaru

ALAM PULAU

Pulau Bangkaru

Pulau Bangkaru merupakan pulau yang berada di wilayah Aceh singkil. Lokasi pulau Bangkaru berada di kepulauan Bangkaru, kecamatan pulau Banyak. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 75 kilometer.
Prasarana menuju pulau bangkaru cukup baik, untuk menuju kesini anda cukup dengan menggunakan jasa penyeberangan kapal feri ataupun speed boat. Di pulau ini anda bisa bermain selancar, berenang dan snorkeling.
Daya tarik yang banyak memikat pengunjung selain pulau nya yang cantik, pulau Bangkaru juga merupakan pulau penangkaran bagi penyu hijau. Ketika anda mengunjungi tempat ini, setiap harinya anda dapat menyaksikan setidaknya 4 penyu yang sedang bertelur.
Di Pulau Bangkaru ini anda juga bisa berenang, berselancar dan snorkeling dengan nyaman. Jika tidak senang berbasah-basah ria, anda juga bisa duduk-duduk menikmati pinggir pantai Amandangan yang sangat indah. Tak heran jika Pulau Bangkaru ini sangat pas buat menikmati libur akhir pekan anda.

Pulau Bangkaru adalah sebuah pulau yang termasuk dalam kepulauan Banyak yang terletak di Samudra Hindia di sebelah baratpulau Sumatra. Tepatnya terletak di sebelah barat pulau Tuangku yang termasuk dalam wilayah administratif dari kecamatan Pulau BanyakKabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh. Secara geografis terletak di titik koordinat 2°4′0″LU,97°7′0″BT.

Pulau ini dapat ditempuh sekitar 5 jam dengan menggunakan perahu motor dari Singkil, atau kurang dari satu jam dari pulau Banyak.

Pantai pulau ini (pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran) merupakan tempat bertelurnya penyu hijaupenyu belimbing dan penyu sisik. Selain itu, di kedua pantai ini merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan surfing dengan ombak yang mencapai ketinggian hingga 5 meter.
Pulau-pulau di sekitar pulau Bangkaru antara lain:
Merupakan Pulau pusat Kecamatan Pulau Banyak. Dahulu dinamakan Pulau Balai karena sebelumnya pulau ini menjadi tempat istirahat para nelayan yang istirahat. Mereka istirahat di Bale-Bale kecil dan tidur-tiduran di Pulau itu, sehingga lama kelamaan namanya diubah menjadi Pulau Balai (Pulau Bale). Luasnya tidak terlalu besar, hanya 1/8 dari Pulau Tuangku. Namun tingkat kepadatannya sangat tinggi. Sebagai Kota Kecamatan, Pulau Balai minim fasilitas. Sebelum Tsunami ada dua Hotel yang bisa dimanfaatkan pengunjung, namun saat ini hanya satu, milik penduduk setempat yang posisinya persis di depan Kantor Kecamatan Pulau Banyak.
  • Pulau Palambak Besar
  • Pulau Palambak Kecil
  • Pulau Pinang
  • Pulau Ujungbatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *