ALAM PULAU

CIBEUREUM

DANAU CIBEUREUM

Meski tidak sebanyak Depok, Bekasi juga memiliki situ atau danau yang menarik dijadikan tempat rekreasi. Salah satunya adalah Situ Cibeureum. Sebagian danau ini terletak Desa Lambang Sari dan separuhnya lagi berada di Desa Lambang Jaya. Keduanya berada di bawah wilayah administratif Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Situ Cibeureum merupakan danau yang terbentuk secara alami. Lokasi danau berada di atas tanah dengan kontur cekung. Bentuk tersebut menyebabkan survis retation yaitu keadaan dimana air tertahan di permukaan  karena adanya lekukan. Lekukan tersebut terjadi akibat kikisan air hujan di atas tanah berkarakter liat namun menyerap sekaligus menahan air.
Mulanya luas Danau Cibeureum mencapai 38 hektar. Danau tersebut juga merupakan salah satu penopang kehidupan masyarakat. Banyak warga menggantungkan hidup dengan mencari ikan atau kangkung di danau. Selain itu Situ Cibeureum juga merupakan sumber irigasi pertanian warga. Tetapi memasuki tahun 1990 luas tersebut menyusut akibat pembangunan Perumahan Grand Wisata. Saat ini luas danau hanya tersisa 2 hektar.
Kedalaman Situ Cibeureum juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan danau kering kerontang saat kemarau panjang. Di tengah danau terdapat gundukan tanah kecil yang ditumbuhi rumput. Bagian tersebut juga ditumbuhi sebatang pohon sehingga tampak seperti pulau yang dikelilingi hamparan air tawar. Danau Cibeureum juga telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata seperti saung bambu, warung makan dan kios souvenir, tempat parkir, serta toilet.
Meski luasnya semakin menyempit, Danau Cibeureum tetap menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit. Di dalam danau memang banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya. Selain itu, situ tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata di daerah Tambun Selatan. Biasanya danau ramai dikunjungi saat akhir pekan atau pada hari libur.
Salah satu daya tarik yang membuat danau di Kabupaten Bekasi tersebut banyak dikunjungi adalah legenda siluman buaya putih. Konon siluman tersebut menghuni kerajaan makhluk halus yang ada di dasar danau. Beberapa pekerja yang membangun perumahan di sekitar danau menuturkan bahwa mereka pernah melihat buaya putih. Warga sekitar juga mengatakan hal serupa. Kisah-kisah inilah yang membuat banyak orang penasaran sehingga datang berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *